Munculnya iklan Marjan adalah salah satu bukti valid no debat
tanda akan dekatnya kita bertemu bulan puasa. Marjan sebenarnya adalah nama dari produk jenis sirup manis
yang diproduksi oleh PT Lasallefood Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia
mengenal produk ini dari "Iklan tahunannya" yang selalu menghiasi
pertelevisian Indonesia setiap menjelang bulan suci Ramadhan atau puasa hingga
menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Mulanya Marjan pertama kali mengeluarkan
iklan edisi Ramadan pada tahun 2010. Bertenggernya Marjan sebagai pioneer sirup
tidak didapatkan secara gratis, menurut Data Adsensity sebuah lembaga riset
yang memantau iklan tv komersial, pada tahun 2017 Adsensity mencatat selama
tanggal 19 -25 Mei, iklan sirup Marjan dan ABC Heinz menjadi iklan terbanyak
yang tampil di saluran televisi Indonesia. Iklan Marjan muncul dengan 1.256
iklan, sedangkan di urutan kedua ada ABC Heinz dengan 858 iklan. Pengeluaran iklan Marjan di TV selama 1 April hingga 30 April 2017 mencapai Rp43,2 miliar, dan angka itu
ditingkatkan lagi jadi Rp133 miliar pada 1 Mei sampai 25 Mei 2017. Merek sirup itu mengeluarkan
dana Rp149,51 miliar sebulan sebelum Ramadan. Jumlahnya meningkat 42,08%
menjadi Rp212,42 miliar setelah memasuki Ramadan. Wow, angka yang fantastis ya.
Iklan Marjan memanfaatkan strategi seasonal
atau strategi musiman, dimana ketika bulan Ramadan permintaan makanan dan
minuman meningkat pesat, Marjan langsung ancang-ancang start pertama kali. Ditahun
ini saja iklan Marjan muncul pertama kali di layar televisi pada tanggal 02 Maret 2022 atau
31 hari menjelang penanggalan bulan puasa.
Hiruk-pikuk bulan Ramadan lebih terasa lagi ketika
para santri pulang kampung dan meramaikan masjid-masjid dan mushola dipenjuru
nusantara, kiranya kita berharap masih bisa menikmati manisnya Marjan serta menikmati manisnya beribadah dalam bulan
puasa. (Penulis: Ikfini Vidi)
0 Comments