Marjan, Tanda Hilal Bulan Ramadan

Munculnya iklan Marjan adalah salah satu bukti valid no debat tanda akan dekatnya kita bertemu bulan puasa. Marjan sebenarnya adalah nama dari produk jenis sirup manis yang diproduksi oleh PT Lasallefood Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia mengenal produk ini dari "Iklan tahunannya" yang selalu menghiasi pertelevisian Indonesia setiap menjelang bulan suci Ramadhan atau puasa hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.



Mulanya Marjan pertama kali mengeluarkan iklan edisi Ramadan pada tahun 2010. Bertenggernya Marjan sebagai pioneer sirup tidak didapatkan secara gratis, menurut Data Adsensity sebuah lembaga riset yang memantau iklan tv komersial, pada tahun 2017 Adsensity mencatat selama tanggal 19 -25 Mei, iklan sirup Marjan dan ABC Heinz menjadi iklan terbanyak yang tampil di saluran televisi Indonesia. Iklan Marjan muncul dengan 1.256 iklan, sedangkan di urutan kedua ada ABC Heinz dengan 858 iklan. Pengeluaran iklan Marjan di TV selama 1 April hingga 30 April 2017 mencapai Rp43,2 miliar, dan angka itu ditingkatkan lagi jadi Rp133 miliar pada 1 Mei sampai 25 Mei 2017. Merek sirup itu mengeluarkan dana Rp149,51 miliar sebulan sebelum Ramadan. Jumlahnya meningkat 42,08% menjadi Rp212,42 miliar setelah memasuki Ramadan. Wow, angka yang fantastis ya.

Iklan Marjan memanfaatkan strategi seasonal atau strategi musiman, dimana ketika bulan Ramadan permintaan makanan dan minuman meningkat pesat, Marjan langsung ancang-ancang start pertama kali. Ditahun ini saja iklan Marjan muncul pertama kali di layar televisi pada tanggal 02 Maret 2022 atau 31 hari menjelang penanggalan bulan puasa.

Hiruk-pikuk bulan Ramadan lebih terasa lagi ketika para santri pulang kampung dan meramaikan masjid-masjid dan mushola dipenjuru nusantara, kiranya kita berharap masih bisa menikmati manisnya Marjan  serta menikmati manisnya beribadah dalam bulan puasa. (Penulis: Ikfini Vidi)

 


Reaksi:

Post a Comment

0 Comments